Sejarah

Yayasan Science dan Teknologi pada tanggal 8 Agustus tahun 2000 mendirikan Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) yang merupakan penggabungan dari STIE IGI dan STMIK IGI. Pendirian UNIKOM ini berdasarkan pada surat keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 126/D/0/2000 yang menyetujui penggabungan dua perguruan tinggi swasta di lingkungan Yayasan Science dan Teknologi, dan sekaligus merubah bentuk dari Sekolah Tinggi menjadi universitas.
 
Saat ini UNIKOM memiliki 7 Fakultas dengan jumlah program studinya sebanyak 29 program studi, yaitu:
  1. Fakultas Pasca Sarjana (FPS) dengan 3 program studi: Magister Manajemen, Magister Sistem Informasi dan Magister Disain.
  2. Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) memiliki 8 Program Studi S1 dan 3 Program Studi D-III yaitu: Teknik Informatika (S1), Sistem Informasi (S1), Manajemen Informatika (D-III), Sistem Komputer (S1), Teknik Komputer (D-III), Teknik Industri (S1), Arsitektur (S1), Perencanaan Wilayah dan Kota (S1), Komputerisasi Akuntansi (D-III), Teknik Sipil (S1), Teknik Elektro (S1).
  3. Fakultas Ekonomi (FE) memiliki 2 Program Studi S1 dan 3 Program Studi D-III, yaitu: Akuntansi (S1), Akuntansi (D-III), Manajemen (S1), Keuangan dan Perbankan (D-III), Manajemen Pemasaran (D-III).
  4. Fakultas Hukum (FH) dengan Program Studi Ilmu Hukum (S1).
  5. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) memiliki 3 Program Studi S1 dan 1 Program Studi D-III, yaitu: Ilmu Komunikasi (S1), Ilmu Pemerintahan (S1), Hubungan Internasional (S1), Hubungan Masyarakat (D-III).
  6. Fakultas Desain dan Seni (FDS) memiliki 2 Program Studi S1 dan 1 Program Studi (D-III), yaitu: Desain Interior (S1), Desain Komunikasi Visual (S1), Desain Grafis (D-III).
  7. Fakultas Sastra (FS) memiliki 2 Program Studi, yaitu: Sastra Inggris (S1) dan Sastra Jepang (S1). 
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang merupakan unit yang harus ada dalam sebuah universitas terbentuk bersama dengan pendirian UNIKOM yaitu pada tanggal 8 Agustus 2000. Pada tahun 2009 Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dipecah menjadi dua direktorat yang bernama (1) Research and Development; dan (2) Corporate Social Responsibility. Pada tahun 2012 kedua direktorat tersebut digabungkan kembali sesuai SK Nomor 1096/SK/REKTOR/UNIKOM/XI/2012 tentang Pembentukan, Pemberhentian dan Pengangkatan Direktur LPPM (RnD dan CSR) masa bakti 2012-2014.