Efektifitas Penggunaan Tes Kuis Dalam Meningkatkan Penguasaan Bunpou Pada Mahasiswa Tingkat Dasar

Selasa, 01 Desember 2020 - 14:08
Efektifitas Penggunaan Tes Kuis Dalam Meningkatkan Penguasaan Bunpou Pada Mahasiswa Tingkat Dasar
 
 
Ketua : Jeni Putra, M.Pd
 
 
Penelitian ini dilatarbelakangi usaha penulis sebagai dosen pengampu mata kuliah bunpou I, bunpou II dan bunpou IV untuk meningkatkan kualitas penguasaan bunpou mahasiswa termasuk mahasiswa tingkat dasar. salah satu usaha tersebut adalah penggunaan tes kuis dalam perkuliahan bunpou, dan untuk membuktikan keefektifikannya penulis mengemasnya dalam bentuk penelitian.
 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui kefektifan tes kuis dengan melihat perbedaan hasil perbedaan nilai UAS yang diperoleh oleh mahasiswa yang diberikan tes kuis dan tidak diberikan tes kuis. Data yang diperoleh dari nilai UTS dan UAS kelas eksperimen yang berjumlah 15 mahaiswa dan kelas kontrol yang berjumlah 16 mahasiswa diolah secara statistik dengan menggunakan SPSS 20. Adapun penggunaan tes kuis diberikan selama 7 kali pertemuan pada kelas eksperimen.
 
Berdasarkan hasil uji statistik dapat disimpulkan bahawa tes kuis tidak memiliki keefektifitas yang signifikan untuk meningkatkan pengusaan bunpou. Kendati Demikian jika melihat selisih rata-rata perolehan nilai UTS dan UAS, mahasiswa yang diberikan tes kuis memiliki penguasaan bunpou lebih baik daripada mahasiswa yang tidak diberikan tes kuis. Sedangkan apabila mahasiswa yang diberikan tes kuis. Sedangkan apabila mahasiswa yang diberikan tes kuis diklasifikasikan berdasarkan latar belakang pernah atau tidak pernah belajar bahasa jepang sebelumnya, maka dapat dikatakan bahwa diberikan atau tidak berikannya tes kuis tidak memberi pengaruh secara signifikan dalam penguasaan bunpou pada mahasiswa tingkat dasar.