EVALUASI PEMBELAJARAN SHOCHUUKYUU CHOOKAI PADA PROGRAM STUDI SASTRA JEPANG UNIKOM

Sabtu, 21 November 2020 - 10:51
EVALUASI PEMBELAJARAN SHOCHUUKYUU CHOOKAI PADA PROGRAM STUDI SASTRA JEPANG UNIKOM
 
 
Ketua : Soni Mulyawan, M.Pd
Anggota : Anisa Arianingsih, S.Pd., M.Pd
 
Keterampilan menyimak merupakan salah satu unsur dari empat keterampilan berbahasa yang memiliki peranan penting dalam penguasaan bahasa yang berfungsi menerima informasi secara lisan. Akan tetapi, tidak sedikit pembelajar asing yang menganggap keterampilan menyimak ini sulit. Hal tersebut terlihat dari rendahnya rata-rata nilai mata ujian chookai dalam Uji Kemampuan Bahasa Jepang atau biasa disebut Nihongonoryokushiken atau Japanese Language Profiency Test (JLPT) yang diselenggarakan oleh The Japan Foundation Jepang. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi pembelajaran chookai yang selama ini berlangsung di Prodi Sastra Jepang Unikom, guna peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menyimak.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana implementasi pembelajaran Shochuukyuu Chookai, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian hasil pembelajaran, bagaimana kemampuan mahasiswa dalam menyimak, kesulitan apa saja yang dihadapi mahasiswa dalam menyimak pembicaraan berbahasa Jepang, serta upaya pengajar dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyimak.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan beberapa teknik penelitian berupa wawancara, angket, dan analisis dokumen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat II Program Studi Sastra Jepang UNIKOM tahun akademik 2017/2018 yang mengambil matakuliah Chookai IV yang berjumlah 52 orang. Teknik penyampelan yang digunakan adalah penyampelan total.

Luaran dari penelitian ini adalah adalah tersusunnya informasi yang komprehensif mengenai mengenai evaluasi pembelajaran menyimak level shochuukyuu di Program Studi Sastra Jepang Unikom agar didapat masukan untuk perbaikan proses pembelajaran menyimak di masa yang akan datang. Selain itu, hasil penelitian ini disajikan dalam proceeding internasional ICOBEST 2018 dengan judul The Problems in Learning of Chookai serta Journal of Japanese Language Education and Linguistics Vol 2, No 2 (2018) dengan judul Minat Belajar Mahasiswa terhadap Pembelajaran Chookai