IT Risk management ( ITRM ) Pada Situs Perwalian Online

Selasa, 01 Desember 2020 - 13:48
IT Risk management ( ITRM ) Pada Situs Perwalian Online
 
 
Ketua : Gentisya Tri Mardiani., S.Kom., M.Kom
Anggota : Anna Dara Andriana., S.Kom., M.Kom
 
Proses Perwalian dilakukan secara online dengan mengakses situs perwalian.unikom.ac.id. Situs ini dapat digunakan dosen di semua program studi untuk melakukan persetujuan perwalian walaupun tidak bertemu langsung dengan mahasiswa walinya.
 
Mengingat pentingnya situs perwalian online, maka perlu dilakukan tindakan preventif, dengan tujuan untuk menjaga agar perwalian online tetap aman dan berjalan sesuia dengan prosedurnya. Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan me-manage resiko resiko yang terkait pada perwalian online. Risiko yang muncul tersebut dapat mempengaruhi tiga unsur penting keamanan sistem, yaitu Confidentiality ( Kerahasian ) merupakan aspek yang menjamin kerahasian data atau informasi, memastikan bahwa informasi hanya dapat diakses oleh orang yang berwenang dan menjamin kerahasian data yang dikirim, diterima dan disimpan. Integrity ( Integritas ) aspek yang menjamin bahwa data tidak diubah tanpa ada ijin pihak yang berwenang ( authorized ), informasi harus terjaga keakuratan dan keutuhannya, serta Availability ( ketersedian ) merupakan aspek yang menjamin bahwa data akan tersedia saat dibutuhkan.
 
Berdasarkan analisis dan hasil penelitian manajemen risiko pada situs perwalian online UNIKOM, maka dapat disimpulkan bahwa resiko terbesar pada asset kritis terjadinya adanya pengubahan data oleh pihak yang tidak berwenang dan kesalahan dalam memasukan dan pengubahan data oleh pihak yang tidak berwenang dan kesalahan dalam memasukan dan pengubahan data, sehingga dibutuhkan proses manajemen risiko oleh pihak UNIKOM untuk mengatasi risiko yang mungkin terjadi pada situs perwalian online berdasarkan dokumentasi analisis risiko.