KAJIAN TERHADAP STRATEGI BISNIS MELALUI EFEKTIFITAS SISTEM INFORMASI PADA UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA

Rabu, 18 November 2020 - 10:31
KAJIAN TERHADAP STRATEGI  BISNIS MELALUI EFEKTIFITAS SISTEM INFORMASI
PADA  UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA
 
 
 
  Ketua : Lilis Puspitawati, SE.,M.Si.,Ak.,CA
  Anggota : Sri Dewi Anggadini,  SE.,M.Si.,Ak.,CA, .  Dr. Ony Widilestariningtyas, SE.,M.Si.,Ak
 
 
 

Persaingan  usaha dan pemanfaatan Sistem Informasi pada beberapa perguruan tinggi swasta di Indonesia pada umumnya semakin hari semakin meningkat. Kondisi ini menjadi titik perhatian dari pemangku kepentingan beberapa perguruan tinggi swasta untuk dapat memenangkan persaingan usaha melalui strategi bisnis yang tepat sehinga dapat menarik minat mahasiswa untuk melanjutkan Studi pada Perguruan Tinggi pada perguruan Tinggi Tersebut.
 
Banyak faktor yang dapat mempengaruhi penerapan strategi bisnis dapat berjalan dengan efektif dalam suatu perusahaan salah  satunya adalah dengan digunakannya sistem informasi secara efektif oleh berbagai penggunanya sehingga pengguna sistem informasi dalam hal ini adalah mahasiswa  merasa terpuaskan serta meningkatnya  citra institusi di dunia luar dalam hal ini contohnya  adalah  pemeringkatan melalui  penilaian webometrik.
 
Tujuan dilakukannya penelitian  untuk mengetahui pengaruh Efektifitas Sistem Informasi terhadap Strategi Bisnis pada Universitas Komputer Indonesia. metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif verifikatif. Analisis statistik yang digunakan adalah regresi linear sederhana  dan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Penelitian ini dilakukan berdasarkan sampel dengan jumlah sampel 233 orang mahasiswa/i yang terdaftar pada beberapa program studi yang terdapat di Universitas Komputer Indonesia. 
 
Hasil penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa efektifitas Sistem Informasi berpengaruh positif signifikan terhadap Strategi Bisnis perusahaan. Diperolehnya bukti  empiris tersebut diharapkan dapat membantu institusi  dalam  menghadapi persaingan usaha dan keunggulan bersaing dalam memenangkan pangsa pasar mahasiswa baru pada tahun –tahun yang akan datang.