Model Knowledge Management system ( KMS ) Pada Pelayanan Akademik di Program Studi

Selasa, 01 Desember 2020 - 09:27
Model Knowledge Management system ( KMS ) Pada Pelayanan Akademik di Program Studi
 
 
Ketua : Utami Dewi Widianti , S.Kom.M.Kom
Anggota : Nelly Indriani W., S.Si., M.T.  , Tati Harihayati Mardzuki, S.T., M.T.
 
Pelayanan akademik yang berjalan saat ini di Prodi Teknik Informatika Unikom melibatkan bagian-bagian kerja dimana masing-masing bagian akan melakukan pelayanan akademik berdasarkan prosedur kerja ( SOP ) yang berlaku di Prodi dan tugas tanggung jawab sesuai dengan jabatan di bidang kerjanya masig-masing. Pada proses pelayanan akademik terkadang ditemukan tindakan pelayanan yang tidak sesuai dengan SOP atau kesulitan menentukan suatu tindakan dikarenakan tidak ada di SOP sehingga pengalaman kerja diperlukan sebagai bentuk pengetahuan yang menunjang keberhasilan proses pelayanan akademik. Kondisi pengetahuan baik dalam bentuk SOP, tugas tanggung jawab bidang kerja dan pengalaman kerja saat ini merupakan penegtahuan milik pribadi atau kelompok bidang kerja dan belum menjadi milik program studi sehingga menjadi suatu masalah tersendiri untuk mengelola pengetahuan tersebut yaitu bagaimana menyimpan pengetahuan, bagaimana memelihara pengetahuan, bagaimana menciptakan penegetahuan dan bagaimana memperbaharui.
 
Knowledge Management System merupakan suatu sistem yang mampu melakukan klasifikasi terhadap pengetahuan yang ada, bagaimana pengetahuan tersebut mudah digunakan ( Disseminate Knowledge ), bagaimana menyimpan pengetahuan ( Store Knowledge ), bagaimana memelihara pengetahuan ( Manage Knowledge ), bagaimana Menciptakan pengetahuan ( Create Knowledge ), bagaimana menperbaharui pengetahuan ( Capture Knowledge ) dan bagaimana pengetahuan yang ada disusun dalam suatu pohon pengetahuan ( Refine Knowledge ), berdasarkan permasalahan tersebut maka dibutuhkan pembuatan Model Knowledge management System pada pelayanan akademik di Prodi Teknik Informatika