OPTIMASI JUMLAH RUANGAN KELAS TIAP PROGRAM STUDI DI FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN LINIER PROGRAMMING

Selasa, 17 November 2020 - 09:51
OPTIMASI JUMLAH RUANGAN KELAS
TIAP PROGRAM STUDI DI FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN LINIER PROGRAMMING 
 
 
Ketua :I.MADE ARYANTHA ANTHARA, M.T.
Anggota : DIANA ANDRIANI,M.M., M.T.
 
 
Optimasi merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mendapatkan kondisi yang optimal. Pengertian optimal di sini bukanlah kondisi yang ideal, tetapi merupakan kondisi yang terbaik sesuai dengan kondisi yang telah ada. Optimasi  dapat dilakukan dengan memperhatikan kendala-kendala yang terjadi di system yang dijadikan objek penelitian.
 
Sistem yang dijadikan objek dalam penelitian ini semua program studi yang ada di lingkungan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) UNIKOM. Salah satu sarana yang dapat mempengaruhi kegiatan akademik di sebuah program studi adalah ruangan kelas yang digunakan dalam proses perkuliahan.Jika di lihat dari kondisi saat ini, jumlah ruang kelas yang ada di FTIK masih belum dapat mengakomadasi kebutuhan kelas yang diinginkan oleh tiap program studi. Hal ini bisa berdampak kurang baik dan ditandai dengan masih sulitnya program studi dalam mengatur jadwal perkuliahan dan terkadang di beberapa program studi yang mempunyai jumlah mahasiswa yang banyak, proses perkuliahan dilakukan sampai dengan sore menjelang malam hari. Dalam penelitian ini akan dilakukan optimasi dalam penentuan jumlah kelas yang optimal untuk tiap program studi. Adapaun beberapa kendala yang digunakan dalam melakukan proses pemodelan adalah jumlah mahasiswa aktif, jumlah kelas yang tersedia, jam kerja dosen dan kurikulum yang berlaku di tiap program studi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan Linier Programming.
 
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa jumlah kelas yang ada sekarang masih kurang dan perlu adanya penambahan jumlah ruangan kelas.Utilisasi tiap kelas pun sudah maksimal. Program studi Teknik Indormatika menjadi program studi yang paling banyak membutuhkan ruangan kelas tambahan sekitar 25 unit lagi dengan kapasitas minimal dapat menampung 50 orang mahasiswa. Penambahan jumlah kelas ini diharapkan dapat memperlancar kegiatan akademik setiap program studi yang ada di Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer.