Pelatihan Penggunaan MS Power Point Untuk Pengajaran Bahasa Jepang bagi Guru SMA/Sederajat

Senin, 30 November 2020 - 10:26
Pelatihan Penggunaan MS Power Point Untuk Pengajaran Bahasa Jepang bagi Guru SMA/Sederajat
 
 
Ketua : Fenny Febrianty, S.S,. M.Pd.
Anggota : Pitri Haryanti, M.Pd ,  Soni Mulyawan Setiawan, M.Pd
 
 
Kurikulum bahasa jepang di SMA/Sederajat yang berlaku saat ini mengharuskan peningkatan mutu pelayanan pendidikan di sekolah yang sesuai standar yang telah ditetapkan dan mampu memenuhi keinginan pawa siswa dan masyrakat. Guru sebagai salah satu komponenyang terpenting dalam kurikulum dituntut untuk mampu berperan sebagai motivator, kreator dan fasilitatordalam rangka mencapai keberhasilan kegiatan belajar mengajar.
 
Terkait dengan hal tersebut guru harus mampu membuat suatu terobosan dalam pengajaran sehingga proses belajar mengajar semakin menarik. seiring dengan perkembangan teknologi proses belajar mengajar saat ini dapat memanfaatkan berbagi fasilitas teknologi yang sudah sangat familiar bagi siswa, yaitu multimedia.
 
Permasalahan di lapangan menunjukan bahwa saai ini penggunaan multimedia untuk pembelajaran bahasa jepang di SMA/Sederajat di Jawa Barat masih sngat terbatas. Banyak guru yang belum mampu untuk membuat media pembelajaran yang menarik. Salah satu penyebabnya adalah kemampuan guru-guru bahasa jepang dalam penggunaan dan pengusaan teknologi informasi masih kurang.
 
Berdasarkan permasalahan di atas, dibutukan pelatihan bagi guru-guru bahasa jepang tingkat SMA/Sederajat untuk membuat media pembelajaran yang menarik bagi siswa dengan memanfaatkan multimedia, salah satuny adalah MS Power Point. Pelatihan ini akan diselelengarakan dan bekerjasama dengan MGMP bahasa jepang provinsi jawa barat dan MGMP bahasa jepang kota bandung.
 
Luaran dari penelitian ini adalah terselenggaranya pelatihan media pembelajaran dan terciptanya software multimedia pengajaran bahasa jepang untuk tingkat SMA/Sederajat yang sesuai dengan kebutuhan.