PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI ASISTENSI LABORATORIUM ORACLE

Selasa, 17 November 2020 - 09:21
PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI ASISTENSI LABORATORIUM ORACLE
(STUDI KASUS : ASISTENSI LABORATORIUM ORACLE DI PRODI SISTEM INFORMASI)
 
 
 
Ketua : Diana Effendi, S.T, MT
Anggota : Beri Noviansyah, S.Kom
 
Proses pembelajaran dalam laboratorium komputer tidak terlepas dari jumlah dan spesifikasi komputer yang memadai serta pengajar yang memiliki kompetensi. Dengan adanya kegiatan pembelajaran pada laboratorium komputer, para peserta didik akan dengan mudah mendapatkan pemecahan masalah dari pengajar ketika menemukan kesulitan dalam melakukan praktek komputer. Pada kenyataannya, proses pembelajaran pada laboratorium komputer tidak dapat berjalan secara maksimal.Hal ini disebabkan karena banyaknya peserta didik yang mengikuti pembelajaran dalam laboratorium dan terbatasnya waktu pembelajaran, sehingga tidak semua peserta didik terakomodasi untuk mendapatkan pemecahan masalah yang mereka hadapi ketika mengikuti pembelajaran dengan seorang pengajar.Namun hal ini dapat diatasi dengan dipilihnya asisten laboratorium. Selama ini proses pemilihan asisten laboratorium khususnya laboratorium Oracle di Prodi Sistem Informasi masih diseleksi secara konvensional. Proses pemilihan yang dilakukan secara konvensional, tidak dapat menghasilkan asisten laboratorium yang maksimal. Karena tidak semua peserta didik dapat ternilai dan terpantau secara keseluruhan. Selain itu penjadwalan asisten laboratorium dilakukan secara manual, hal ini tidak jarang menghasilkan penjadwalan yang bentrok dengan jadwal kuliah asisten laboratorium. Sehingga perlu dilakukan pegulangan pembuatan jadwal dan pencetakan BAP (Berita Acara Perkuliahan) kembali, padahal perkuliahan sudah berjalan. Surat keterangan asistensi yang diberikan diakhir semester sebagai surat keterangan bahwa yang bersangkutan sudah menjadi asisten laboratorium Oracle pada periode tertentu, masih dilakukan manual dan bisa dibuat berulang kali.
 
Oleh karena itu, perlu dibangun Sistem Informasi Asistensi Laboratorium Oracle (SIASLORA) yang dapat mengolah data penyeleksian calon asisten, penjadwalan asistensi laboratorium Oracle, pencetakan BAP (Berita Acara Perkuliahan) dan pencetakan surat keterangan asistensi secara cepat dan akurat. Pembangunan SIASLORA ini menggunakan metode pengembangan sistem prototype dan metode pendekatan sistem terstruktur dengan alat bantu perancangan menggunakan konteks diagram, data flow diagram. Sedangakan software yang digunakan untuk implementasi rancangan ke aplikasi program menggunakan PHP(Hypertext Preprocessor) dan Database Management System (DBMS) menggunakan MySQL.
 
Dengan SIASLORA diharapkan dapat mengatasi permasalahan dalam pengambilan calon asisten laboratorium, penjadwalan kegiatan asistensi perkuliahan Oracle, pencetakan BAP maupun surat keterangan asistensi.