PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PELAPORAN PROGRAM KERJA DAN PENGELOLAAN DATA PENGURUS HIMPUNAN MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

Sabtu, 21 November 2020 - 10:04
PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PELAPORAN PROGRAM KERJA DAN PENGELOLAAN DATA PENGURUS HIMPUNAN MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
 
Ketua : Rani Puspita Dhaniawaty, S.Kom., M.Kom
Anggota : Erna Susilawati, S.S, M.M
 
Program Studi Sistem Informasi menggunakan teknologi informasi untuk membantu menyelesaikan proses belajar mengajar, akademik, administrasi dan kemahasiswaan. Pada proses kemahasiswaan Program Studi Sistem Informasi membutuhkan data mengenai kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMA SI).
Data tersebut dibutuhkan oleh program studi pada saat proses akreditasi. Akan tetapi masih terdapat beberapa proses kemahasiswaan yang masih kurang efektif, yaitu pada proses pengelolaan data pengurus HIMA SI, jadwal program kerja (proker) yang akan dilaksanakan dan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) program kerja HIMA SI.

Dosen kemahasiswaan masih kesulitan dalam melakukan pengelolaan data pengurus HIMA SI karena tidak memiliki data lengkap dari pengurus HIMA SI. Selain itu adanya miskomunikasi antara dosen kemahasiswaan, HIMA SI dan Prodi SI berkaitan dengan jadwal proker masing-masing, sehingga mengharuskan pengurus HIMA SI membagi anggota untuk mengerjakan proker HIMA SI dan membantu proker Prodi SI. Dalam melaksanakan suatu proker HIMA SI wajib melakukan pengajuan proposal terlebih dahulu kepada dosen kemahasiswaan, tugas dosen kemahasiswaan yaitu melihat apakah kegiatan yang diajukan memiliki manfaat yang baik, konsep yang baik dan melihat kesesuaian anggaran. Setelah melaksanakan proker HIMA SI wajib memberikan LPJ maksimal 2 minggu setelah proker dilaksanakan. Data pengajuan proker dan LPJ dibutuhkan oleh program studi sistem informasi dan dosen kemahasiswaan untuk arsip dokumentasi kegiatan, akreditasi dan pembuatan laporan dosen kemahasiswaan yang dilakukan setiap bulan.

Berdasarkan uraian di atas maka penelitian ini bermaksud untuk melakukan pembangunan sistem informasi pelaporan program kerja dan pengelolaan data pengurus himpunan mahasiswa pada program studi sistem informasi Universitas Komputer Indonesia. Sistem informasi ini dibangun bertujuan untuk mengelola data pengurus HIMA SI, mengintegrasikan jadwal program kerja dari HIMA SI & Program Studi Sistem Informasi, membuat sistem pengajuan program kerja yang akan dilaksanakan dan LPJ program kerja yang sudah dilaksanakan menjadi lebih efektif, sehingga permasalahan yang ada dapat terselesaikan.