Pembelajaran Shokyuu Kanji Dengan Menggunakan Multimedia

Senin, 30 November 2020 - 13:56
Pembelajaran Shokyuu Kanji Dengan Menggunakan Multimedia
 
Ketua : Soni Mulyawab Setiana, M.Pd
Anggota : Fenny Febrianty, S.S., M.Pd, Pitri Hariyanti, M.Pd
 
Sistem penulisan dalam bahasa Jepang terdiri dari empat perangkat huruf, yaitu Kanji, Kana (Hiragana dan Katakana), arabia shuuji dan Ramaji. Kanji sebagai slaah satu huruf yang digunakan dalam sistem penulisan Jepang mempunyai peranan yang sangat penting karena apabila verkomunikasi degan orang Jepang dengan bahasa tanpa tulisan tanpa menggunakan huruf Jepnag, maka orang Jepang kurang atau tidak terbiasa bahasanya ditulis menggunakan huruf latin.
 
Jumlah kanji dasar/shokyuu kanji yang harus dikuasai oleh pemblejar tingkat 1 untuk dpat lulus dalam ujian kemapuan berbahsa Jepang yang diselenggarakan oleh The Japan Foundation atau biasa disebut Nihongo Nouryokushiken untuk tingkat dasar berjumlah 300 kanji, dan terbagi menajdi 2 level, yaitu N5/Half -Elementary (100 kanji) dan N4/elementary (200 kanji). Selain itu cara baca Kanji ada dua yaitu Kuyomi (cara membaca secara Jepang). Contoh: kanji (III) secara kunyomi akan dibaca kawa, sedangkan cara onyomi akan dibaca sen. Hal-hal tersebut bukan tidak mungkin akan menimbulkan kesulitan bagi pembelajar asing untuk dapat mengingat, membaca, menulis dan mengetahui arti dari huruf kanji. Mahasiswa Tingkat 1 Prodi Bahasa dan Sastra Jepang sebagai pembelajar pemula, tentunya akan mengalami kesulitan-kesulitan tersebut. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adsalah dengan membuat multimedia untuk pembelajran kanji.
 
Penelitian ini melibatkan mahasiswa tingkat 1 dari empat universitas swasta penyelenggara Studi Bahsa Jepang Program SI di Kota Bandung, yaitu STBA YAPARI< UNiversitas Kristen Maranatha, UNiversitas Nasional Pasim dan UNiversitas Komputer INdonesia, hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam menguasai kanji.