PENGEMBANGAN KOMPETENSI DOSEN FAKULTAS SASTRA UNIKOM

Sabtu, 21 November 2020 - 10:55
PENGEMBANGAN KOMPETENSI DOSEN FAKULTAS SASTRA UNIKOM
 
Ketua : Soni Mulayawan Setiana, M.Pd
 
Dosen merupakan pendidik profesional yang mentransformasikan mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Untuk melaksanakan tugas utamanya,.seorang dosen harus memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian dan kompetensi professional melalui implementasi dalam kegiatan penelitian, pembelajaran, pengabdian pada masyarakat serta pelestarian nilai moral.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana gambaran nyata tentang kompetensi dosen di Fakultas Sastra Unikom serta upaya fakultas dalam mendorong pengembangan kompetensi dosen yaitu mencakup pengembangan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu metode penelitian yang membicarakan kemungkinan untuk memecahkan masalah yang aktual dengan jalan mengumpulkan data, mendeskripsikan, menjabarkan, dan menganalisis data secara langsung di lapangan dengan menggunakan instumen penelitian berupa wawancara dan analisis dokumen.

Luaran dari penelitian ini adalah tersusunnya informasi yang komprehensif mengenai bagaimana gambaran nyata tentang kompetensi dosen di Fakultas Sastra Unikom serta upaya fakultas dalam mendorong pengembangan kompetensi dosen yaitu mencakup pengembangan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Selain itu, hasil penelitian ini disajikan dalam proceeding seminar internasional ICOBEST 2018 dengan judul Competencies Development for Lecturers at Faculty of Letters in Private University.