PENGEMBANGAN LAYANAN PUSH NOTIFICATION PADA APLIKASI KULIAH ONLINE UNIKOM DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI GOOGLE CLOUD MESSAGING (GCM)

Rabu, 18 November 2020 - 08:32
PENGEMBANGAN LAYANAN PUSH NOTIFICATION PADA APLIKASI KULIAH ONLINE UNIKOM DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI
GOOGLE CLOUD MESSAGING (GCM)
 
Ketua : Alif Finandhita, S.Kom., M.T
Anggota : Rangga Gelar Guntara, M.Kom
 
Unikom saat ini memiliki aplikasi kuliah online untuk mendukung proses pembelajaran antara dosen dengan mahasiswa secara online (http://kuliahonline.unikom.ac.id/). Salah satu fitur kuliah online Unikom yang sering digunakan oleh dosen adalah fitur update status. Fitur tersebut memungkinkan dosen untuk menyampaikan informasi yang terkait dengan kegiatan perkuliahan kepada mahasiswa secara online. Namun demikian, fitur tersebut belum memiliki notifikasi yang dapat diketahui oleh mahasiswa ketika ada update informasi perkuliahan dari dosen, maupun oleh dosen ketika ada komentar terhadap update informasi perkuliahan yang disampaikannya. Kondisi tersebut dapat menyebabkan mahasiswa tidak mengetahui update informasiperkuliahan dari dosen, dan dosen juga tidak mengetahui jika ada komentar terhadap update informasi yang disampaikannya, secara real time.
 
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan layanan push notification atau layanan notifikasi pada aplikasi kuliah online Unikom,berjalan secara real time berdasarkan masalah yang sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya. Layanan notifikasi ini akan dikembangkan dan diimplementasikan pada platform mobile berbasis Android dengan memanfaatkan teknologi Google Cloud Messaging(GCM). Dengan layanan ini, dosen dapat mengirimkan informasi perkuliahan dan mahasiswa saat itu juga akan memperoleh notifikasi yang informasinya bisa langsung diakses. Notifikasi juga akan diperoleh dosen ketika ada mahasiswa memberikankomentar terhadap informasi perkuliahan yang disampaikan oleh dosen. Fitur chatturut disertakan sebagai tambahan agar dosen dan mahasiswa bisa berinteraksi langsung secara online.
 
GCM (Google Cloud Messaging) adalah sebuah layanan dari Google yang berfungsi untuk menjalankan sebuah Push notification. Pada sistem operasi Android, layanan GCM dijalankan oleh sebuah aplikasi yang berjalan di latar belakang dan bernama Google Play Service. Layanan ini akan membangunkan aplikasi yang bersangkutan saat menerima notifikasi baru dan akan menampilkan notifikasi tersebut pada panel notifikasi Android.