Pengembangan Sistem Informasi Pendataan Warga (SITAWAR) Demi terwujudnya Data Kependudukan Yang Terintegrasi Tingkat RT Dengan RW

Senin, 30 November 2020 - 09:50
Pengembangan Sistem Informasi Pendataan Warga (SITAWAR) Demi terwujudnya Data Kependudukan Yang Terintegrasi Tingkat RT Dengan RW
 
Ketua : Diana Effendi, S.T., M.T
Anggota : Beri Noviansyah, S.Kom
 
Penelitian ini merupakan kelanjutan dari penelitian sebelumnya (2013/2014), dimana diungkapkan permasalahan bahwa dalam mengolah data kependudukan suatu wilayah administratif mealuli pendataaan warga pada unit terkecil yaitu Rukun Tetangga (RT), pendataan warga mayoritas masih menggunakan cara manual, dan cara tersebut dapat dikatakan tidak efektif baik dilihat dar segi waktu pengerjaan maupun kualitas informasi yang dihasilkan masih terdapat kesdalahan. Permasalah yang diapaparkan tersebut, dapat diatasi denagn dibangunnya SIstem Informasi Pencatatan Warga (SITAWAR), dimana SITAWAR merupakan suatu produk sistem informasi yang mencakup pendataan warga (warga tetap, warga tidak tetap), tamu (wajib lapor 1x 24 jam), kelahiran dan kematian. Namun SITAWAR yang sudah dibangun hanya digunakan ketua RT disuatu wilayah saja, belum diintegrasikan dengan data kependudukan ditingkat RW yang membawahi lebih dari satu RT.
 
Pengembangan SITAWAR yang dibangun dengan menggunakan metode pengembangan sistem prototype dengan metode pendekatan sistem berorientasi objek dengan alat bantu perancangan menggunakan diagram UML. Sedangkan software yang digunakan untuk implementasi rancangan ke aplikasi program menggunakan PHP (Hypertext Preprocessor) dan Database Management System ( DBMS) menggunakan MySQL.
 
Dengan SITAWAR dibangun menintegrasikan data kependudukan antara tingkat RT dengan RW, diharapkan tercapainya data kependudukan terpusat, sehingga informasi mengenai data warga yang berada disuatu wilayah khususnya di wilayah RT dan RW lebih efektif dan akurat, membantu pemutakhiran data warga dengan lebih efektif.