Pengembangan Sistem Informasi Penjadwalan dan manajemen Keuangan Kegiatan Seminar dan Sidang Skripsi/Tugas Akhir

Senin, 30 November 2020 - 10:49
Pengembangan Sistem Informasi Penjadwalan dan manajemen Keuangan
Kegiatan Seminar dan Sidang Skripsi/Tugas Akhir
 
( Studi Kasus Program Studi Sistem Informasi Dan Manajemen Informatika Unikom Bandung)
 
 
 
Ketua :  Julian Chandra W., S.kom., M.Kom
Anggota : Muhammad Rajab F. , S.Kom,. M.Kom.
 
 
Dalam sebuah Intansi Pendidikan Khususnya di lingkungan perguruan tinggi tentunya sengat membutuhkan sistem informasi dalam mengatur kegiatan akademik yang cepat, efektif, efisien , akurat untuk meningkatkan standar mutu pendidikan pada instansi pendidikan tesebut. Universitas Komputer Indonesia sebagai universitas berbasis ICT ( information and Communication Technologi ) dan sejalan dengan visi, misi, dan budaya organisasi UNIKOM, Yaitu PIQIE ( Professionalism, Integrity, Quality, Information Technology , Excellence ), maka program studi sistem informasi sangat membutuhkan sistem informasi berbasis information technology yang dapat memudahkan kegiatan akademik, terutama masalah penjadwalan dan manajemen keuangan untuk seminar dan sidang tugas akhir/skripsi.
 
terdapat beberapa masalahyang sering muncul dalam penjadwalan yangmasih dilakukan secara manual, yaitu dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk pembuatan jadwal, dikarenakan petugas penjadwalan harus menyesuaikan ketersedian ruangan, ketersedian dosen pembimbing sekaligus dosen penguji. Masalah selanjutnyayaitu saat proses perhitungan honorarium setelahsidang berlangsung, diperlukan data yang akurat mengenai jumlah mahasiswa yang telah lulus sidang sebagai data dasr dari proses perhitungan honorarium. selain itu, petugas harus menghitung sendiri jumlah membimbing  dang menguji untuk setiap dosennya. baik itu mahasiswa strata 1 mauoun diploma-III, termasuk juga menghitung pergantian penguji saat seminar mauoun saat sidang. Dengan proses perhitungan manual yang rumit ini sangat berisiko untuk menghasilkan data yang tidak akurat dan memakan waktu yang lama dalam pengerjaannya.
 
Dalam penelitian ini, tahapan yang akan dilakukan untuk menyelesaikan penelitian ini yaitu dimulai dari studi literatur terkait dengan tema yang akan diangkat, mengumpulkan data yang dibutukan melalui metode observasi dan wawancara, kemudian merancaang desian software sesuai analisis, ujicoba software, dan teraki penyajian software.
 
Target yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu diimplementasukan sistem informasi yang dapat membantu proses penjadwalan dang manajemen keuangan terkait kegiatan seminar dan sidang skripsi/tugas akhir khususnya di program studi sistem informasi, dan menjadi prototype  bagi program studi yang lainnya agar dapat diimplementasikannya di program studi lainnya dilingkungan UNIKOM. Un tuk kedepannyasistem informasi ini dapat di integrasikan dengan sistem informasi skripsi dan tugas akhir ( SIMITA ) yang saat ini sudah berjalan dan sistem informasi akademik lainya yang terdapat dilingkungan prodi sistem informasi