Peran Perangkat Lunak Sketchup sebagai Media Pendukung Kreavifitas Mahasiswa pada Mata Kuliah Desain Interior I Program Studi Desain Interior Unikom

Rabu, 18 November 2020 - 10:00
Peran Perangkat Lunak Sketchup sebagai Media Pendukung Kreavifitas Mahasiswa pada Mata Kuliah Desain Interior I Program Studi Desain Interior Unikom
 
Ketua : Febry Maharlika, S.Ds.,M.Sn
Anggota : Dina Fatimah,M.Ds
 
Gambar dapat dikatakan sebagai bahasa rupa yang digunakan oleh seorang desainer untuk mengomunikasikan idenya. Seorang desainer interior menggunakan gambar untuk mewujudkan setiap gagasannya yang memuat informasi bentuk, ukuran, sifat muka, bahan, warna dan sebagainya untuk menunjang sasaran bersama. Gambar desain interior dapat dikatakan efektif dan dapat dijadikan media komunikasi jika dapat memuat informasi tersebut secara jelas dan representatif. Sebelum masa komputerisasi berkembang seperti sekarang ini, pada desainer interior menggunakan teknik gambar manual untuk mempresentasikan gambarnya.

Unikom adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang mengadakan program studi desain interior yang menetapkan misinya sebagai perguruan tinggi penyelenggara pendidikan yang berbasis pada teknologi, sehingga menitikberatkan pada teknologi informasi dan teknologi komputer. Pada program studi desain interior, mahasiswa menggunakan perangkat lunak sketchup untuk mempresentasikan hasil rancangannya pada mata kuliah perancangan Desain Interior I.

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan peran perangkat lunak sketchup pada kreativitas mahasiswa desain interior dalam mempresentasikan karyanya. Melalui metode penelitian analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, disimpulkan bahwa perangkat lunak sketchup membantu mahasiswa dalam mempresentasikan hasil rancangannya pada mata kuliah Desain Interior I secara efektif dengan menunjukkan kaifiat objek yang sesungguhnya. Selain memaparkan peran sketchup, penelitian ini juga mencari nilai korelasi antara beberapa mata kuliah yang dianggap berhubungan dan memberikan kontribusi pada mata kuliah perancangan, diantaranya mata kuliah Menggambar II dan Pengenalan Komputer II. Dari hasil perhitungan menggunakan metode analisis korelasi, maka disimpulkan bahwa masing-masing mata kuliah memiliki kaitan yang cukup erat.