Perancangan dan Implementasi Sistem ujian Prkatikum Secara Online Menggunakan Mini PC Raspeberry PI (Studi kasus : Laboaratorium Komunikasi Data)

Senin, 30 November 2020 - 09:29
Perancangan dan Implementasi Sistem ujian Prkatikum Secara Online Menggunakan Mini PC Raspeberry PI (Studi kasus : Laboaratorium Komunikasi Data)
 
Ketua : Aprianti Putri Sujana, S.Kom., M.T
Anggota : Susmini indirani Lestariningati, S.T., M.T, Sri Nurhayati, S.Si., M.T
 
Adanya perkembangan teknologi di bidang komputer dan telekomunikasi, memeberikan kemudahan didalam melakukan pekerjan sehari-hari. Dengan menggunakan komputer kini pekerjaan yang dulunya dikerjakan secara manual dimana cara tersebut memakan waktu yang cukup banyak, efisiensi yang sangat rendah, pekerjaan yang sering berulang-ulang, hingga boros didalam penggunaan kertas dapat lebih diminimalisir. Seperti halnya didlam melaksanakan praktikum yang biasa terdapat disemua pereguruan tinggi khusunya di Jurusan Teknik Komputer UNIKOM, hingga saaat ini masih dikerjakan secara manual. Hal tersebut tentunya menjadi tidak efisien, dikarenakan penegembangan materi menjadi tidak berlanjut dikarenakan tidak adanya dokumentasi, jika terdapat pergantian dosen/pengajar meneyebabkan pembuatan materi yang selalu berubah dan menjadi tidak berkembang, belum lagi pelaksanaan ujian seperti pre test dan uian akhir yang dikerjakan secara manual membutuhkan waktu yan gtidak sedikit untuk mengkoreksi serta penyimpanan nilai yang tidak terpusat sehingga penyerahan data nilai akhir menjadi lama. Tentunya dengan membuat sebuah sistem ujian praktikum secara online hak tersebut dapat diatasi. Namun masalah yang akan timbul adalah penyediaan server guna menyediakan pusat data menjadi tidak murah.
 
Kebanyakan server diinstalasi pada PC Desktop yang mengguanakan spesifikasi keras melebihi standar minimal yang dibutuhkan serta penggunaan daya listrik yang cukup tinggi meskipun hanya untuk keperluan menyala saja. Dengan demikian , implementasidapt dilakukan dengan cara mengganti PC Desktop dengan mini pC. Mini PC adalah jenis komputer yang memiliki fitur dan fungsi mirip dengan PC Desktop, namun memiliki ukuran fisik yang kecil serta konsumsi daya listrik yang lebih rendah. Raspberry Pi sering juga disebut dengan nama Raspi, adalah komputer papan tunggal (Single Board CIrcuit/SBC) yang memiliki ukuran sebesar kartu kredit. Raspberry Pi bisa digunakan untuk keperluan seperti spreadsheet, game, bahkan bisa digunakan media playuer karena kemampuannya memutar video high definition.
 
Dengan membuat sistem ujian online yang diinstall kedalam Raspberry Pi dihrapakan dapat menggantikan PC Desktop dengan harga yang lebih murah, konsumsi daya listrik yang lebih rendah, tempat penyimpanan hardware yan glebih minimal, dan sistem pendingin (cooling system) yang lebih rendah, selain itu sistem ujian online ini juga dapat memeberikan kemudahan serta efisiensi waktu didalam pemberian ujian kepada mahasisawa?praktikum, hingga waktu pengumpulan nilai menjadi lebih cepat.