Perancangan Sistem Absensi Perkuliahan di UNIKOM Dengan Menggunakan Radio Frequency Identification (RFID)

Selasa, 17 November 2020 - 09:33
Perancangan Sistem Absensi Perkuliahan di UNIKOM Dengan Menggunakan Radio Frequency Identification (RFID)
 
 
 
Ketua : Eko Budi Setiawan, S.Kom., M.T.
Anggota : Bobi Kurniawan, S.T., M.Kom. ,  Rodi Hartono, S.T., M.T
 
Salah satu permasalahan yang ada di lingkungan akademik yaitu absensi perkuliahan. Seringnya terjadi kesalahan dalam pencatatan absensi perkuliahan yang dilakukan oleh Dosen terhadap mahasiswa, serta banyaknya data absensi setiap matakuliah untuk masing-masing mahasiswa, menjadikan proses pencatatan absensi perkuliahan menjadi tidak efektif dan tidak efisien.
 
Saat ini absensi perkuliahan di Universitas Komputer Indonesia juga dilakukan secara konvensional yaitu dengan cara mahasiswa menandatangani form absensi kehadiran berdasarkan matakuliah yang sedang dilakukan. Untuk kemudian oleh Dosen yang bersangkutan dimasukan kedalam sistem absensi yang ada di sistem perwalian online secara manual satu per satu data absen mahasiswa.

Teknologi RFId (Radio-Frequency Identification) merupakan teknologi yang diharapkan dapat menggantikan barcode optik di masa yang akan datang. Kelebihan RFId dibandingkan dengan barcode konvensional antara lain RFId dapat melakukan many-to-many communication yang dapat diartikan banyak reader dapat membaca satu tag, maupun satu reader dapat membaca banyak tag. Dengan kelebihan-kelebihannya, sistem RFId menjanjikan prospek untuk berbagai kebutuhan, salah satunya untuk sistem absensi perkuliahan akademik. Dengan adanya penggunaan RFID untuk sistem absensi perkuliahan, diharapkan dapat menjadi media pendukung dalam kelancaran proses perkuliahan akademik di Universitas Komputer Indonesia.