Perancangan Sistem Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Terhadap Pelayanan Rumah Sakit

Sabtu, 21 November 2020 - 10:17
Perancangan Sistem Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Terhadap Pelayanan Rumah Sakit
 
Ketua : Riani Lubis, S.T., M.T
Anggota : Sufa’atin, S.T, M.Kom
 
Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) merupakan salah satu standar pengukuran terhadap pelayanan yang diberikan oleh instansi pemerintah. Dalam hal ini, rumah sakit pun dikenakan kewajiban untuk melakukan pengukuran IKM dan melaporkan hasilnya secara berkala. Hasil pengukuran IKM dapat dijadikan acuan oleh rumah sakit untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikannya terhadap pasien khususnya dan/atau terhadap masyarakat secara
umumnya. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem yang dapat mengelola survei IKM hingga mengolah hasilnya dan dapat melaporkan hasilnya. Sehingga sistem tersebut dapat membantu pimpinan rumah sakit dalam memonitoring pelaksanaan pengukuran IKM serta melaporkannya secara berkala.