Studi Kriteria Perancangan Interior Perpustakaan Universitas Di Gedung Baru UNIKOM Berdasarkan Citra Korporasi UNIKOM

Senin, 30 November 2020 - 13:52
Studi Kriteria Perancangan Interior Perpustakaan UniversitasDi Gedung Baru UNIKOM
Berdasarkan Citra Korporasi UNIKOM
 
 
Ketua : Ryanty Derwentyana N., M.Ds
Anggota : Cherry Dharmawan, M.Sn ,  Wantoro, M.Ds
 
 
Keberadaan sebuah perpustakaan sangat penting bagi sebuah universitas. Perpustakaan merupakan pasilitas umum yang menampung aktifitas membaca dan belajar bai mahasiswa maupun dosen.
 
Perpustakaan merupakan salah satu sarana edukasi yang menyediakan dan mendokumentasikan berbagai macam informasi baik berupa buku secara fisik maupun digital.
 
Unikom merupakan salah satu universitas yang berada di bandung, yang memeiliki beberapa fakultas dan program studi. sehingga memerlukanfasilitas perpustakaan yang mampu mewadahi kebutuhan paara mahasiswa dam dosen dari berbagai program studi. Halini menyebabkan UNIKOM perlumendukung hal tersebut dengan cara meyediakan perpustkaan yang memiliki luas area yang cukup dan memiliki fasilitas yang memadai.
 
Pada fasilitas sejenis sebelumya, perpustakaan UNIKOM belum dirancang sesuai dengan citra visual korporasi UNIKOM untuk fasilitas-fasilitas ruangnya, serta memiliki keterbatasan ruang untuk mewadahi segala kebutuhan aktivitas pengelola, mahaiswa dan dosen.
 
Pada saat ini, UNIKOM memiliki rencana pasti untuk menyediakan fasilitas perpustakaan universitas baru yang akan menjadi salah satu fasilitas penunjang akademis utama di pembangunan gedung baru. UNIKOM akan menyediakan ruang lebih dari 1300 m2, yang akan berada dilantai 5 gedung baru UNIKOM. hal yang diinginkan adalah fasilitas ini akan lebih baik daripada fasilitas sebelumnya.
 
Salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan cara melakukan pendekatan desain interior untuk merancangan fasilitas tersebut agar dapat memenuhi kebutuhan ruang baik secara fisim maupun psikologis bagi penggunanya, pengelola, mahasiswa dan dosen.
 
Unikom Merupakan salah satu universitas di bandung yang telah memiliki citra korporasi yang dapat dilihat dari logo dan budaya kerjanya yang dikenal dengan sebutan PIQIE ( Profesionalisme, Integrity, INformation , Technology, Excellence). Dan pene;itian ini mencoba untuk mengekplorasi rancangan suatu kriteria ruang perpustakaan untuk perpustakaan Universitas yang berdasarkan citra korporasi UNIKOM