STUDI PENGEMBANGAN PERANCANGAN INTERIOR PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS DI GEDUNG BARU UNIKOM BERDASARKAN IDENTITAS KORPORASI UNIKOM

Rabu, 18 November 2020 - 10:44
STUDI PENGEMBANGAN PERANCANGAN INTERIOR PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS DI GEDUNG BARU UNIKOM BERDASARKAN IDENTITAS KORPORASI UNIKOM
 
 
Ketua : Ryanty Derwentyana, M.Ds
Anggota : Cherry Dharmawan, M. Sn , Wantoro, M.Ds
 
Perpustakaan merupakan salah satu fasilitas penting dalam suatu perggguruan tinggi. Perpustakaan sebagai salah satu unit Pelayanan Jasa harus memiliki sarana dan prasarana yang cukup representatif, dan layak untuk menampung semua fasilitas yang dibutuhkan, semua koleksi, dan segala aktivitas perpustakaan sebagai unit kerja.

UNIKOM merupakan salah satu universitas yang berada di Bandung yang memiliki beberapa fakultas dan program studi, sehingga memerlukan fasilitas perpustakaan yang mampu mewadahi kebutuhan para mahasiswa dan dosen dari berbagai program studi. Hal ini menyebabkan UNIKOM perlu mendukung hal tersebut dengan cara menyediakan perpustakan yang memiliki luas area yang cukup dan memiliki fasilitas yang memadai. Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan rekomendasi desain interior perpustakaan bagi pihak UNIKOM, untuk perbaikan dan pengembangan Perpustakaan yang ada sebelumnya, yang akan direlokasi di Gedung Baru UNIKOM.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif dengan endekatan eksploratif, yaitu penelitian yang berusaha untuk mengeksploitasi suatu masalah, mengevaluasi, dan merancang suatu ide, dan melakukan pengembangan ide tersebut. Penelitian ini akan memberikan studi-studi pembanding dan gambaran eksplorasi desain untuk interior Perpustakaan Baru UNIKOM.

Penelitian ini akan mengangkat tiga aspek penting yang perlu dipertimbangkan dalam pengembangan fasilitas Perpustakaan Baru UNIKOM, yaitu 1) Standar perancangan Perpustakaan PT, yang berasal dari SNPI, 2) mempertimbangkan identitas korporasi sebagai salah satu konsep desain dengan misi untuk menyampaikan visi, misi, dan budaya UNIKOM bagi pengguna, dan 3) Untuk kebaharuan, berusaha untuk melihat trend desain, yang berdasar dari kebutuhan, dan aktivitas pengunjung. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat memberikan gambaran, bahwa Perpustakaan UNIKOM di gedung baru ini dapat berkembang dengan cara berintegrasi dengan ketiga aspek tersebut.