TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PROGRAM STUDI SASTRA JEPANG FAKULTAS SASTRA UNIKOM

Senin, 16 November 2020 - 13:41
TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PROGRAM STUDI SASTRA JEPANG
FAKULTAS SASTRA UNIKOM
 
Ketua : Fenny FebriantyS.S., M.Pd
Anggota : Soni Mulyawan Setiana, M.Pd, Pitri Haryanti, M.Pd
 
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik dosen di Program Studi Sastra Jepang UNIKOM, 2) mengetahui bagaimana tingkat kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana di Program Studi Sastra Jepang UNIKOM, 3) mengetahui bagaimana tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi di Program Studi Sastra Jepang UNIKOM, 4) menggambarkan upaya yang dilakukan Program Studi untuk meningkatkan kualitas lulusan berdasarkan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik dosen, sarana dan prasarana serta layanan adminsitrasi di Program Studi Sastra Jepang UNIKOM.

Pendekatan dan konsep penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah gabungan dari pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif karena hasil analisis dari penelitian ini tidak hanya berupa angka tetapi dari angka-angka tersebut dianalisis lagi dengan pemaparan dalam bentuk naratif. Penganalisisan data dilakukan terhadap 1) hasil SIMEP UNIKOM mengenai Evaluasi Perkuliahan terhadap 13 dosen yang mengajar di Program Studi Sastra Jepang UNIKOM Semester Ganjil TA 2013/2014, 2) angket yang dibagikan kepada mahasiswa 57 mahasiswa Program Studi mengenai sarana prasarana dan layanan akademik di Program Studi Sastra Jepang UNIKOM.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Layanan akademik dosen yang mengajar di Program Studi Sastra Jepang Unikom adalah baik, hal ini terlihat dari rata-rata hasil SIMEP UNIKOM mengenai Evaluasi Perkuliahan Semester Ganjil TA 2013/2014 terhadap 13 dosen yang mengajar di Program Studi Sastra Jepang Unikom adalah 81.3 %, 2) Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana di Program Studi Sastra Jepang Unikom adalah sebagai berikut; Hampir tidak ada (4.67%) mahasiswa yang mengatakan bahwa layanan administrasi di Program Studi Sastra Jepang Sangat Baik. Hampir setengah (39.9%) mahasiswa mengatakan bahwa sarana dan prasarana di Program Studi Sastra Jepang Baik. Hampir Setengah mahasiswa (47.33%) mengatakan bahwa layanan administrasi di Program Studi Sastra Jepang Cukup. Sebagian Kecil (5.67%) mahasiswa mengatakan bahwa layananan administrasi di Program Studi Sastra Jepang Tidak Baik. Hampir tidak ada (2.33%) mahasiswa mengatakan bahwa layanan administrasi di Program Studi Sastra Jepang Sangat Kurang, 3) Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi di Program Studi Sastra Jepang UNIKOM adalah sebagai berikut: Hampir tidak ada (4.67%) mahasiswa yang mengatakan bahwa layanan administrasi di Program Studi Sastra Jepang Sangat Baik. Hampir setengah (39.9%) mahasiswa mengatakan bahwa sarana dan prasarana di Program Studi Sastra Jepang Baik. Hampir Setengah mahasiswa (47.33%) mengatakan bahwa layanan administrasi di Program Studi Sastra Jepang Cukup. Sebagian Kecil (5.67%) mahasiswa mengatakan bahwa layananan administrasi di Program Studi Sastra Jepang Tidak Baik. Hampir tidak ada (2.33%) mahasiswa mengatakan bahwa layanan administrasi di Program Studi Sastra Jepang Sangat Kurang, 4) Upaya yang dilakukan Prodi untuk terus memperbaiki tingkat kepuasan mahasiswa terhadap Prodi Sastra Jepang Unikom, melalui upaya: 1) Peningkatkan kualitas layanan akademik melalui Pengembangkan Kurikulum; Penyusunan Pedoman Akademik di tingkat Program Studi dengan mengacu kepada Pedoman Akademik Universitas; menyediakan native speaker; memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada dosen untuk mengembangkan keilmuannya dan memberikan reward yang sesuai kepada dosen berdasarkan aturan dan ketetapan universitas, 2) Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Sarana dan Prasarana, dengan jalan mengupayakan ruangan yang ideal dari segi luas, hingga saat ini tidak banyak hal yang dapat dilakukan selain menunggu kepindahan ke gedung baru UNIKOM. Untuk sementara Program Studi akan selalu mengajukan permohonan ke Universitas untuk hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan berbagai kelengkapan ATK untuk ruang dosen, sektertariat, maupun ruangan-ruangan kelas. Begitu juga dengan maintenance ruangan kelas, ruang dosen, lab komputer, ruang sekretariat, dan pengadaan buku-buku untuk perpustakaan Program Studi. Perhatian khusus adalah terhadap ketersediaan ruang HIMA. Dari beberapa waktu yang lalu sudah diajukan ke pihak Universitas untuk merenovasi ruangan yang diperuntukan bagi HIMA Sastra Jepang namun hingga saat ini belum ada realisasinya dari pihak Universitas., 3) Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi dengan jalan membangun koordinasi yang lebih baik lagi di antara seluruh civitas akademika UNIKOM.