TINJAUAN MODERNISASI UNSUR TRADISIONAL INDONESIA SEBAGAI ELEMEN INTERIOR HOTEL PADA MATA KULIAH DI - V FAKULTAS DESAIN UNIKOM

Rabu, 18 November 2020 - 13:23
TINJAUAN MODERNISASI UNSUR TRADISIONAL INDONESIA
SEBAGAI ELEMEN INTERIOR HOTEL PADA MATA KULIAH
DI - V FAKULTAS DESAIN UNIKOM
 
 
Ketua : Tiara Isfiaty, S Sn, M Sn
 
 
Desain interior adalah wilayah keilmuan desain yang memiliki fokus permasalahan meliputi aktivitas perencanaan, penataan dan peracangan ruang-ruang dalam suatu bangunan. Desain interior memiliki pemahaman yang mengarah ke bagaimana ruang tersebut terbentuk melalui perancangan tata letak, perlengkapan ruang dan pemerkaya ruang. Hotel merupakan salah satu fasilitas komersial publik yang menuntut perencanaan, penataan dan perancangan dalam interiornya.
 
Dalam lingkup pendidikan, hal tersebut berkonsekwensi terhadap pentingnya seorang calon desainer untuk mempelajari dan menguasai sejumlah pengetahuan yang berkait dengan aspek kebutuhan manusia didalam ruang sebagai makluk individual maupun sosial.
 
Kebudayaan adalah salah satu pengetahuan yang pada akhirnya harus diterjemahkan menjadi unsur visual sebagai output perancangan. Faktanya, Indonesia memiliki kebudayaan yang sangat beragam disamping identiknya hal tersebut dengan sesuatu yang filosofis/transenden, irasional, masa lampau dan tidak mengikuti perkembangan jaman. Sedangkan hotel merupakan fasilitas publik yang berorientasi padahal yang praktis/sekuler, rasional dan modern. Hal inilah yang menjadi salah satu permasalahan dalam perancangan hotel yang harus dipecahkan oleh peserta didik.
 
Penelitian ini memfokuskan permasalahan pada implementasi wujud dan unsur kebudayaan Jawa (Yogyakarta) kedalam perancangan hotel di matakuliah DI V. Penelitian ini juga meninjau upaya-upaya modernisasi yang dilakukan peserta didik, originalitas dan kebaharuan dari wujud dan unsurkebudayaanJawa (Yogyakarta) menjadi unsur visual dalam perancangan hotel di mata kuliah DI V.Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif, guna menjelaskan kecenderungan implementasi dan panduan ( prinsip ) modernisasi wujud dan unsur kebudayaan Jawa (Yogyakarta) dalam perancangan hotel di matakuliah DI V. Penelitianini juga dilaksanakan berdasarkan pendekatan studi kasus dan studi literatur.
 
Hasil penelitian ini adalah (a) mendapatkan pengetahuan tentang kecenderungan implementasi wujud dan unsur kebudayaan Jawa (Yogyakarta) dalam perancangan matakuliah DI V, (b) menghasilkan panduan upaya modernisasi wujud dan unsur kebudayaan Jawa (Yogyakarta) berdasarkan lima karakteristik desain modern dalam menciptakan persepsi ruang hotel yang tradisional dan modern sekaligus, dalam konteks mata kuliah DI V.